Saturday, November 16, 2013

Cara Berkembang Biak Tumbuhan

Apa kabar teman-teman Cahaya Dunia. Semoga selalu sehat. Pada kesempatan ini kita akan berbagi tentang ilmu pengetahuan alam tentang cara berkembang biak tumbuhan. Pada dasarnya, perkembangbiakan tumbuhan dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu, secara vegatatif alami dan vegetatif buatan.

Vegetatif pada cara berkembang biak tumbuhan adalah reproduksi mahluk hidup secara aseksual (tak terjadi peleburan sel kelamin jantan dan betina pada tumbuhan). Nah, cara reproduksi tersebut umumnya dilakukan secara buatan dan alami.

Adapun perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami, yaitu:

1. Membelah Diri
   
      Membelah diri adalah perkembang biakan secara vegetative alami yang dilakukan secara tidak kawin. Membelah diri hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan bersel satu. contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan membelah diri adalah ganggang hijau. Ganggang hijau adalah tumbuhan bersel satu, seperti ini gambarnya.

Gambar ini diperbesar oleh mikroskop, dan sebenarnya ganggang hijau sangat kecil.

1. Spora
   
      Spora adalah tumbuhan yang sangat kecil yang hanya dapat dilihat oleh alat bantu yaitu mikroskop. Tumbuhan spora berbentuk seperti biji yang sangat kecil. Spora dibentuk dan disimpan di kotak spora yang biasa disebut sporangium. Berbagai jenis tumbuhan paku berkembang biak dengan cara spora. Tumbuhan paku mempunya daun, di bagian tepi bawah daun terlihat dan terdapat kotak spora atau sporangium. Tumbuhan paku tidak dapat menghasilkan buah, biji, dan bunga. Bentuknya hanya seperti daun biasa yang sangat indah. Di bawah ini adalah gambar dari tumbuhan paku!

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara spora antara lain suplir, paku ekor kuda, paku tanduk rusa, dan berbagai jenis pakis.

Bila teman-teman Cahaya Dunia ingin lebih tau tentang cara berkembag biakan tumbuhan, silakan tunggu lanjutan cara berkembang biak tumbuhan. Ketahui juga ciri khusus beberapa hewan

3 comments: